Minggu, 30 Juni 2019

Modul dan Buku Yang Wajib Dipelajari Untuk Target Score TOEFL ITP di Atas 500

Author: Fitri Adha Afya

Everyone is different, no body was born to be the same as others”, even a twin. Karena saya memegang prinsip ini, saya selalu mencari cara unik versi saya untuk belajar. Kenapa saya berani bilang begini? Karena saya sudah berpengalaman sekali, ceilee. Mulai dari masa kuliah, saya punya teman pinter yang mana ketika akan final, dia santai saja belajarnya tapi bisa. Saya coba santai seperti dia? Gak bisa coyy, I needed to study more and more.

Untuk belajar English terutama TOEFL, saya menerapkan hal yang sama. Sebelumnya saya pernah singgung mengenai suka sekali go to someone else’s blog. Disana saya banyak mendapati mereka yang mendapatkan score tinggi untuk TOEFL, tapi reviewnya mereka itu tidak belajar yang gimana-gimana. Not sure apakah mereka belajar gigih tapi tidak share disana, atau memang mereka sudah jenius dalam bidang bahasa.

Untuk seseorang dengan kemampuan biasa saja seperti saya, yang score TOEFL cuma 453 pastinya saya butuh modul dan buku yang tepat. Apalagi kali ini saya hendak belajar secara otodidak dan memulai semuanya dari awal, suci nan bersih hahaha. Saya sadar dengan kemampuan diri, saya selalu diharuskan untuk belajar lebih gigih dan mati-matian. Dari pengalaman-pengalaman yang tidak mengenakkan ini, membuat saya dari yang hate studying became love studying alot.

Note these!

Ohya saya lupa menyinggung poin yang satu ini, belajar TOEFL itu lebih kaku dan pastinya itu untuk mengukur kemampuan English pasif kalian. Beda dengan kalian ikut kursus untuk kelas speaking dan juga untuk kurikulum lainnya.

 Saya pernah ambil kursus Speaking di tahun 2013, tidak perlu saya mention lagi lah kemampuan saya pada saat itu *bad. Tapi, dengan belajar speaking banyak benefit yang kalian dapatkan, mulai dari mental keberanian untuk speak upmemorize new vocabulary, hingga tau susunan kalimat yang benar.

Beda Belajar TOEFL dengan Speaking

Tahun berikutnya 2014, saya juga pernah ambil kelas Speaking untuk mengasah skill speaking saya. Tidak ragu, saya ambil kelas camp dimana belajarnya malam dan nginap di camp. Kursus ini berjalan selama satu bulan, dan di akhir kelas saya mendaptkan nilai memuaskan. Ingat ya, speaking itu kadang tidak perlu malu dan don’t give a care about grammar.

Tahun 2015, saya merasa belum puas dengan skill bahasa Inggris yang saya punya, akhirnya saya ambil kursus lagi. Saat itu saya ingin kursus langsung dengan Native. Mereka menggunakan metode Cambridge, mulai dari buku, audio, hingga pengajarnya itu memang Native. Les ini selama 3 bulan, saya lupa berapa kali pertemuan. Biaya lesnya lumayan, saya nabung keras pada saat itu agar tetap bisa bayar biasa les. *keras kayak batu.

Di tahun selanjutnya, saya mencoba les TOEFL yang mana pada saat itu saya sendiri bingung apa itu adverb, preposition, dan istilah grammar lainnya. Saya merasa, istilah itu tidak penting sehingga saya menjawab soal-soal TOEFL literally karena feeling aja. Lol, kenapa saya egois banget saat itu ya? Itu kursus terakhir yang saya ikuti selama kuliah.

Next plan kala itu, saya menghabiskan waktu luang untuk kursus Korean dengan 2 teman lainnya, Wiwin dan Rini. 

Modul atau Buku Terbaik Untuk Structure

Semua tips yang saya sampaikan di blog ini ialah berdasarkan pengalaman saya. Sebelumnya, score terakhir untuk structure saya pada saat prediction adalah 47. Teman-teman, ini sangat memalukan bagi saya dan saya juga tidak puas dengan score itu. Berikut ini saya coba share modul terbaik untuk belajar structure yang bisa teman-teman coba, dan belajarnya itu sesuai urutan buku atau modul yang saya urutkan ya. Versi saya.

1. Longman

Saya merasa berdosa, karena pernah menjelek-jelekkan si Longman ini dengan menganggap itu modul jadul. Udah jadul kok masih aja dipakai, dan juga saya merasa modul ini pembahasannya mudah sehingga tidak menantang *ampung sombong banget sih SAYA hahaha.

Tapi, untuk kalian yang mengalami kelemahan di structure or grammar, wajib pelajari buku ini. Saya lahap longman selama seminggu, bukunya itu benar-benar bagus dan terstruktur. Setiap bahasan dijelaskan dengan materi ringkas dan renyah. Saya sadar akan kesalahan yang saya lakukan karena ngata-ngatain Longman, kualat. Benci jadi cinta.

2. Cliff

I wish I knew this module earlier, saya belajar modul Cliff ini seminggu sebelum test. Benar-benar recommended ya modul ini. Super lengkap, sangat lengkap, banyak bahasan soal. Top banget dah, tapi tebal coy, saya tidak print out modulnya. 

3. English Grammar: Betty Azar

Saya dapat buku ini sebagai warisan dari cece saya, buku ini bermanfaat sekali 1000%. Pastikan kalian memahami semua bahasannya. Fokus pada bagian yang menjadi kelemahan kalian, kalau saya di bagian Uncountable Noun dan Relative Clause. Kalau belum paham materinya, jangan jawab soalnya lewatkan saja dulu.





4. Bruce Roger 

Kesalahan saya, belajar di awal saat itu langsung ke modul ini. Harusnya saya pelajari modul ini terakhir karena bahasannya sudah advanced. Penjelasannya tidak terlalu rinci, hanya dijelaskan bagian point-pointnya saja, ditambah lagi mereka tidak jelaskan kenapa jawaban benar dan salah. Try to find out itself, dengan begitu otak kita dipaksa bekerja hingga akhirnya ketemu dan bisa. 

5. BBC Learning English

Untuk hiburan dan agar tidak bosan, saya kadang-kadang belajar di “English in a minute”. Mudah dipahami, kalaupun harus mencatat tidak susah karena penjelasannya langsung ke inti. Saya prefer versi You-Tube daripada Instagram atau Webnya. BBC Learning English

6. Cambridge Dictionary
Mereka menyajikan beberapa materi mengenai Grammar yang mudah dipahami. Optional aja menurut saya untuk belajar materi dari sini. Cambridge Dictionary

7. English Club

 Selain tau ilmu baru, di web ini kalian bisa belajar structure dan ketemu vocab baru. English Club

8. Barron

Disini hanya ada bahasan soal saja, tapi tidak masalah untuk latihan. Saya punya modul Barron Edisi *lupa, yang mana lebih lengkap.

9. Best Score TOEFL ETS


Kalau sudah cukup puas dengan mempelajari semua modul dan buku di atas, baru coba jawab soal structure di buku ini ya. Syuliiitttt. Saya beli buku ini di Gramedia Aceh Rp 198.000,-.

10. Peterson

Ini optional aja, semua materinya sulit menurut saya hahaha karena bahasan TOEFL tahun 90an.

Modul Terbaik Untuk Reading

Hingga sekarang saya masih lemah di bagian ini, mungkin karena tidak totalitas latihannya. Menurut saya, meningkatkan toefl reading itu hanya bisa jika penguasan vocab yang banyak, paham tenses, dan juga pemahaman yang baik akan bacaan. Berikut ini rekomendasi buku dan modul dari saya:

1. Bruce Roger

Kalian bisa belajar step by step dari modul ini, per bahasan untuk soal yang sering muncul. Jenis soal yang ada pun cukup sulit, menyerupai soal ITP asli.

2.   VOA News

Dalam seminggu, kadang cuma 2 berita yang saya baca dari situs ini, karena memang saya blank sekali dengan reading. Tidak suka, tidak cinta, sudah coba, tapi tidak dapat feelnya. Saya paham saat baca semua berita itu tapi butuh waktu yang lama hahaha.

3. Longman

Saya tidak belajar bagian reading di modul ini, tapi setelah saya cek pembahasannya sama seperti structure. Sangat struktural dan juga bagus untuk dipahami.

4.   Best Score TOEFL ETS

Bahasan soal reading  buku ini, PERSIS SOAL TOEFL ITP. Saya beruntung beli buku ini meski seminggu lagi menuju waktu test. Berkat buku ini saya tidak terkejut menjawab soal pas actual tes ITP karena memang sama bentuknya.

5. 400 essential words for TOEFL

Wajib ya gengs, karena memang beberapa vocab disana itu seringkali keluar di soal reading. Seperti, vulnarable, massive, maintain, occur, obtain, dll.

Sebagai tambahan, coba untuk menghafal vocab itu pahami juga penggunaan di kontek kalimat mana biasa digunakan. Catat juga synonim untuk vocab yang kalian baru hafal, dicatat, dan diulang-ulang agar tidak lupa. Karena reading itu menguji pemahaman kita terhadap suatu bacaan, tidak banyak tau vocab ya sudah tamatlah.

Modul Terbaik Untuk Listening

Saya sangat suka bagian ini, karena memang menurut saya pertanyaannya daily conversations. Tapi, ketika soalnya itu tentang materi Idioms dan sejenisnya, lumayan sulit. Walaupun score listening cuma 51, to be frank listening ITP tidak semudah listening prediction.

1.  Bruce Roger
Sangat sangat bagus, kecepatan speakernya ngomong cocok untuk latihan.

2. Barron
Banyak yang review bagian listening di modul ini sulit, and it’s true.


3.  You-Tube channelnya English Sheriff

Soal listening disini, menurut saya persis dengan actual test tingkat kesulitannya. Malam sebelum test, saya coba jawab-jawab soal disini. Awalnya shock kok sulit, tapi Alhamdulillah it’s so helpful dan karena udah menjawab soal listening dari channel ini saya tidak terlalu merasa shock lagi.

4.  You-Tube channelnya BeautyonTest

Suka belajar dari channel ini, karena suaranya sangat jelas sehingga cukup jelas, tidak seperti listening di buku ETS.

5. Channel YT TedTalk

Tidak hanya mengasah kemampuan listening, kalian bakal dapat informasi baru dari setiap video yang ada di konten YT Ted. You must watch all the videos!

Ini buku dan modulnya,

Ohya, banyak orang menyarankan untuk menambah skill listening itu dengan cara nonton movie Barat. Tapi, menurut saya cara ini tidak efektif. Lebih efektifnya tonton video BBC Council-LearnEnglish Teens atau 6 minutres English from BBC Learning English, dan sejenisnya. Karena disertai dengan subtitle, durasi yang tidak terlalu panjang, dan konteks pembahasannya itu spesifik.

Note, jangan lupa saat latihan setiap section itu patokin waktu ya. Buat diri kalian seolah-olah memang sedang actual test. Terutama bagian reading, jangan ulang kesalahan saya. Print out lembar jawaban untuk latihan, karena proses membulatkan ini cukup memakan waktu lama. Jika kalian sudah terbiasa, akan lebih mudah dan pasti akan menemukan teknik terbaiknya.

Always practicing. Wish you a good luck!

 Afya. 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Tes TOEFL Preparation Gratis Sendiri di Rumah, Begini!

Author: Fitri Adha Afya Belakangan ini, saya mendapatkan banyak pertanyaan dari teman dan juga students mengenai cara tes TOEFL gratis sendi...